Pasaran 109 bait Tajwid serta Syarahnya

Pasaran selanjutnya yaitu bidang tajwid bernama Kitab Taqrirat Muqaddimah al Jazariyah yang diperuntukan bagi siswa kelas IX MTsP dan sebaga kitab akhir tajwid tingkat Tsanawiyah setelah nantinya akan mempelajari tajwid lanjutan ditingkat Aliyah yaitu Kitab Nihayah al Qaul Mufid fii ‘Ilm Tajwid al Quran al Majid, pasaran ini dilaksanakan setiap ba’da ashar hingga pukul 16.30, namun untuk tahun akademik kali ini baru terlaksana pada Ramadhan 1445 H oleh karena pasaran ini diikuti Kelas X MAP karena disaat mereka Kelas IX MTsP belum terlaksana pasaran kitab ini.

Kelas ini berlangsung dibawah loteng asrama putri berbarengan dengan Kitab Ilmu Tafsir dengan Qari A M. Sufyan Jawahir, Lc. kitab ini memuat 109 bait ilmu tajwid dan kitab yang dipasarankan berupa syarh atau taqrirat dari Pondok Pesantren Lirboyo, kitab ini memuat mulai dari ta’rif tajwid, pembagian mahkraj serta shifat al huruf secara detail hingga pembagian ahkam al mad.

Sang Qari berpesan “kelas ini sebagai review serta approve mengenai kitab tajwid sebelumnya yaitu Standar Tajwid, diharapkan seluruh santri minimal hafal 109 bait Jazariyah ini”. Kelas ini berlangsung selama 19 hari dari tanggal 02 hingga 20 Ramadhan dan ditutup tepat di tanggal 20 Ramadhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lainnya