Mendaras Khulashoh Nurul Yaqin Juz 2

Pasaran selanjutnya dibidang tarikh diisi dengan Kitab Khulashoh Nurul Yaqin Juz 2 sebuah ringkasan dari Kitab Nurul Yaqin fii Sirah Sayyid al Mursalin karangan dari Syekh Muhammad Khudari Beik (1289 – 1345).

Pasaran ini diperuntukan bagi siswa kelas VII MTsP Madaris Asasul Huda. Kelas ini diadakan sehari sebanyak 1 kali pertemuan yaitu setiap pukul 12.30 sampai 14.00 WIB. Bertempat di Masjid Induk dengan Qori Bapak Didin Sahlahudin.

Kitab Khulasoh Nurul Yaqin ini dikarang oleh Syekh Umar Abdul Jabbar dari Makkah al-Mukaromah Arab Saudi (1320-1391 H). Pada tahun 1391 H Syekh Umar Abdul Jabbar mengembuskan napas terakhirnya pada usia 65 tahun. Beliau dimakamkan di Jannatul Ma’la Makkah al-Mukaromah.

Sekilas tentang Isi kitab Khulashoh Nurul Yaqin Juz 2 ini adalah penjelasan tentang sejarah kiprah nabi Muhammad SAW dalam mengajarkan umat dan mengembangkan ajaran agama yang suci ini. Sajian dimulai dengan bagaimana Nabi membangun masjid Nabawi kemudian sejarah permulaan azan di masjid ini.

Pasaran ini diikuti sekitar 20 santri putra-putri selama 19 hari yang dimulai dari tanggal 02 hingga 20 Ramadhan. Qori Kitab berpesan bahwa “Meneladani kisah dan sifat Nabi Muhammad SAW memberikan pelajaran bagi kita untuk selalu berbuat baik dan menjadi pribadi yang berakhlak mulia serta tidak menuntut balasan baik juga dari perbuatan baik kita agar terhindar dari rasa pamrih dan riya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lainnya