Menguak Arba’in Nawawiyah dengan Majalis as Saniyah

Pasaran Ramadhan Pondok Pesantren Asasul Huda dalam bidang Hadits yaitu Majalis as Saniyah fii al kalam ‘ala al Arba’in an Nawawiyah, kitab ini dikaji oleh Kelas VIII MTsP sebagai modal dasar dan pegangan untuk di jadikan sebuah modal atau rujukan dalam memahami agama islam. Pengajian pasaran kitab ini dijadwalkan setiap pukul 07.30 – 09.00, di lanjutkan lagi setalah jama’ah shalat dzuhur sampai pukul 14.00 dilanjut lagi pukul 16.30 – 17.30 dan dimulai lagi pukul 20.30-21.30.

Pengajian Pasaran berlangsung di Masjid Induk dan Masjid Pondok dengan Qari A M. Mahbub Jauhari, S.Ag., A M. Sufyan Jawahir, Lc., dan Bpk. Yadi Mulyadi, S.Ag., S.Pd. Kitab ini adalah syarah (penjelasan) dari kitab Hadis Arba’in milik Imam Nawawi. Kitab Arba’in an Nawawiyah merupakan kumpulan hadits Nabi Muhammad SAW yang membahas seluruh aspek agama islam, baik dari segi akidah, hukum, mua’amalah maupun akhlak.

Kitab Majalis as Saniyah fii al kalam ‘ala al Arba’in an Nawawiyah ini karya Imam Ahmad bin Syeikh Al-Fasyani, seorang Ulama besar yang hidup di abad ke-9 Hijriyah.

Pasaran ini diikuti sekitar 40 santri putra-putri selama 19 hari yang dimulai dari tanggal 2 hingga 20 Ramadhan. Qari Kitab berpesan bahwa “Pasaran kitab Majalisu Saniyyah ini penting sekali bagi siswa kelas VIII MTsP sebagai bekal untuk peribadinya masing-masing, karena di dalamnya mengajarkan aqidah, hukum, mua’amalah, akhlak, baik akhlak sesama keluarga, kerabat maupun tetangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lainnya