Pasaran Tasawuf Falsafi: Hikmat at Tasyri’ wa Falsafatuhu

Pasaran Ramadhan P2AH Ranji kali ini mengadakan kelas umum yaitu kelas lintas tingkat dan kelas dengan materi bidang Tasawuf Falsafi menggunakan Kitab Hikmah at Tasyri’ wa Falsafatuhu, kitab ini diperuntukan bagi seluruh santri Asasul Huda untuk memahami rasionalisasi dari doktrin agama.

Kitab ini berlangsung setiap malam mulai pukul 23.00 hingga 01.00 dini hari yang bertempat di Masjid Pondok dengan qari A M. Sufyan Jawahir, Lc. Kitab ini dikarang oleh Syekh Ali Ahmad al Jurjawi salah seorang Ulama Mesir juga Guru Besar Universitas al Azhar, Cairo, Mesir.

Kitab ini terdiri dari 2 juz, juz 1 memuat sekitar 200-an halaman dan juz 2 memuat sekitar 300-an halaman total sekitar 500 halaman. Pengarang mencoba mengajak pembaca memahami segala ajaran agama Islam melalui nalar kritis dengan berdasarkan dalil-dalil agama Islam dan juga hukum alam (sains). Pada juz 1 penulis menjabarkan tentang tujuan serta hikmah adanya ajaran-ajaran Islam yang berkaitan dengan keyakinan dan penghambaan yakni penjelasan-penjelasan tentang ketauhidan, kenabian, ubudiyah, dan lain-lain.

Kemudian pada juz 2 penulis menjabarkan tujuan serta hikmah adanya perintah atau ajaran yang berhubungan dengan hukum keluarga (pernikahan, nafkah, warisan dan lain-lain), hukum mu’amalah (transaksional) serta hukum pidana (had, ta’zir, qishos dan lain-lain). Disamping itu pengarang juga menjelaskan berbagai pendapat tokoh dunia tentang suatu tema bahasan tentang hikmah pensyariatan suatu ajaran.

Kelas ini diikuti sekitar 90 santri putra-putri, dimulai dari tanggal 2 hingga 20 Ramadhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lainnya