Pasaran Kitab Magnum Opusnya Syekh ‘Ali ash Shabuny

Pasaran selanjutnya di bidang Tafsir Al Qur an diisi dengan Kitab Mukhtashar Tafsir Ayat al Ahkam li ‘Ali As Shabuny yang di karang oleh Muhammad ‘Ali ash Shabuny.

Pasaran ini diperuntukan bagi siswa XI MAP Madaris Asasul Huda. Kelas ini diadakan sehari sebanyak 1 kali pertemuan yaitu setiap pukul 07.30 sampai 09.00 WIB. Bertempat di Rumah Pengasuh dengan Qori A M. Mahbub Jauhari, S. Ag.

Kitab ini merujuk pada Kitab Tafsir Rawai’ al Bayan yang merupakan magnum opus terbesar Ash Shabuny dalam kajian tafsir, khususnya tafsir ayat ahkam. Tafsir ini terdiri atas dua jilid besar (699 hal jilid 1 dan 701 hal jilid 2) yang merangkum dan merincikan ayat-ayat hukum Al Qur an.

Ali Ash Shabuni menekuni dan mengkaji ayat-ayat hukum selama puluhan tahun sembari mengajar di Universitas Umm al-Qura dan Universitas King Abdul Aziz di Mekah al-Mukarramah. Oleh kalangan akademisi ilmu tafsir, Tafsir Ayat Ahkam merupakan salah satu buku induk (referensi) yang membahas secara lugas dan sistematis ayat-ayat hukum dalam al-Qur’an.

Pasaran ini diikuti sekitar 14 santri putra-putri selama 19 hari yang dimulai tanggal 02 hingga 20 Ramadhan. Qori Kitab berpesan bahwa “Tak ayal, karya yang kita kaji pada pasaran kali ini memancarkan keindahan dan hikmah di balik hukum pensyariatan amaliah dan ibadah yang kita kerjakan sehari-hari. Kami harap kepada para santri, harus lebih tekun belajar lagi karena masih banyak hal yang perlu kita ketahui demi mengembangkan wawasan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lainnya