Pasaran Fiqh Dasar: Matn Taqrib wa Ghayah al Ikhtishar

Pasaran kitab kuning pertama yaitu bidang fiqih dasar bernama Matn Taqrib wa Ghayah al Ikhtishar, kitab ini diperuntukan bagi Kelas VII MTsP sebagai ajang persiapan untuk menghadapi materi fiqih di Kelas VIII MTsP nanti yaitu Syarh Fath al Qarib, kitab ini dijadwalkan pasaran setiap ba’da shubuh hingga pukul 06.30 dan ba’da ashar hingga pukul 16.30.

Pasaran berlangsung di Gedung Tsanawiyah lantai 2 dengan Qari Bpk. Badrut Tamam, Matn ini dikarang oleh Syaikh al Imam al Qadhi Abu Syuja’ yang dilahirkan di Bashrah antara tahun 433 H/1041 M atau 434 H/1042 M, kitab ini memuat 17 pembahasan yaitu muqaddimah, thaharah, shalat, zakat, puasa, haji dan umroh, jual-beli, waris dan wasiat, nikah dan talak, jinayat, hudud, jihad, berburu dan menyembelih, perlombaan dan memanah, imam dan nazar, hukum dan saksi dan terakhir pembebasan budak.

Pasaran ini diikuti sekitar 20 santri putra-putri selama 19 hari yang dimulai dari tanggal 02 hingga 20 Ramadhan. Qari Kitab berpesan bahwa “Pasaran Matn Taqrib ini penting sekali bagi siswa kelas VII MTsP sebagai ajang persiapan dalam memahami kitab fiqh di kelas VIII nanti yaitu Syarh Fath al Qarib, semoga disaat mengkaji Syarh Fath al Qarib nanti tidak kaget bahkan sudah ada sedikit pemahaman dari hasil pasaran Matn Taqrib ini”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lainnya