Ngalap Berkah Kitab al Azhar az Zainiyah

Pasaran P2AH Ranji kali ini dibidang nahwu mengkaji Kitab al Azhar az Zainiyah Syarh Matn al Alfiyah atau yang lebih dikenal dengan sebutan Dahlah Alfiyah, kitab yang merupakan salah satu syarh alfiyah yang banyak digunakan di pesantren-pesantren nusantara, kelas ini diperuntukan bagi siswa kelas IX MTsP sebelum memasuki tingkat Aliyah yang akan langsung mengkaji Taqrirat Alfiyah selama dua tahun dari kelas X hingga XI MAP.

Kelas ini berlangsung setiap malam pukul 20.30-22.00 dan diadakan di Masjid Induk dengan qari Bpk. Endang Solehudin yang merupakan salah satu alumni Pondok Pesantren Lirboyo juga salah satu mustahiq (Wali Kelas) MAP Asasul Huda, kitab ini dikarang oleh Syekh Ahmad Zaini Dahlan seorang Ulama terkemuka juga mufti Makkah yang bermadzhab Syafi’i juga merupakan pengajar terkemuka di Masjidil Haram yang kala itu menjadi pusat perkembangan ilmu pengetahuan islam.

Kitab ini merupakan kitab penjelas (syarah) kitab nahwu yang sangat terkenal dan fenomenal di seluruh dunia yaitu kitab Alfiyah karangan Syaikh Abdullah Jamaludin Muhammad bin Abdullah bin Malik. Kitab ini juga disebut dengan nama al Azhar az Zainiyyah. Dalam kitab ini penulis memberikan penjelasan (syarh) dari setiap nadhom kitab Alfiyah, mulai dari nadlom pertama sampai dengan nadlom ke 1002. Penulis juga mengutip beberapa kata kunci dari setiap nadlomnya untuk diperjelas dan diberikan keterangan tambahan. Sebagaimana kitab asalnya kitab ini diawali dengan pengantar dari penulis kemudian diawali dengan bab Kalam dan ditutup dengan bab Idghom. Kitab ini memuat 202 halaman, dilengkapi dengan kitab Bahjatul Mardliyyah fi Syarhil Alfiyah.

Kelas ini diikuti sekitar 25 santri putra-putri, dimulai dari tanggal 2 hingga 20 Ramadhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lainnya