Pasaran Tarikh Tuntas dari Khulashoh Nurul Yaqin Juz 2 hingga Juz 3

Pasaran selanjutnya di bidang tarikh diisi dengan Kitab Khulashoh Nurul Yaqin Juz 3. Sebuah ringkasan dari Kitab Itmam al Wafa’ fii Sirah al Khulafa karangan dari Syekh Muhammad Khudari Beik (1289 – 1345 H).

Pasaran ini diperuntukan bagi kelas VII MTsP Madaris Asasul Huda. Kelas ini diadakan sehari sebanyak 1 kali pertemuan yaitu tiap ba’da sholat terawih hingga pukul 22.00 WIB. Bertempat di Gedung Baru dengan Qori Bapak Muhammad Badrut Tamam.

Kitab Khulasoh Nurul Yaqin ini dikarang oleh Syekh Umar Abdul Jabbar dari Makkah al-Mukaromah Arab Saudi (1320-1391 H). Pada tahun 1391 H Syekh Umar Abdul Jabbar mengembuskan napas terakhirnya pada usia 65 tahun. Beliau dimakamkan di Jannatul Ma’la Makkah al-Mukaromah.

Secara ringkas kitab Khulashah Nurul Yaqin merupakan teks pelajaran yang terdiri dari 3 juz. Asal mulanya dari kitab Nur al Yaqin fii Sirah Sayyid al Mursalin karya Syaikh Muhammad Al-Khudhari Bek, seorang ulama Mesir. Kitab itu kemudian dipangkas dan diringkas menjadi 2 juz tipis beserta ringkasan tiap-tiap topik pelajaran beserta latihan soal untuk mudzakarah para santri. Sedangkan juz ketiga dari Khulashah itu sebetulnya ringkasan dari kitab lain karya Syaikh Muhammad Al-Khudhari Bek, yaitu Itmam al Wafa’ fii Sirah Al-Khulafa’ yang berisi tentang biografi perjuangan 4 Khulafa ar Rasyidin, yaitu Abu Bakar, ‘Umar, Utsman, dan ‘Ali. Namun entah kenapa judulnya tetap Khulashah Nurul Yaqin, padahal lebih tepat apabila diberi judul Khulashah Itmamul Wafa’.

Pasaran ini diikuti sekitar 20 santri putra-putri selama 19 hari yang dimulai dari tanggal 02 hingga 20 Ramadhan. Qori Kitab berpesan bahwa “Semoga kita bisa mengambil hikmahnya dari apa yang sudah kita kaji bersama, mengenai keteladan para sahabat dalam membantu perjuangan Rasulullah SAW”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lainnya