Mutammimah al Ajurrumiyah: Kelas Review Nahwu Tingkat Aliyah

Pasaran selanjutnya di bidang Nahwu diisi dengan Kitab Mutamimmah al Jurrmiyah fii ‘Ilm al ‘Arabiyyah yang dikarang oleh al ‘Alamah Syamsudin Ar Ra’ani. Kelas ini diharapkan sebagai ajang review para santri dalam mengingat materi Kitab Taqrirat al Ajurrumiyah yang telah dipelajari saat kelas VIII MTsP silam.

Pasaran ini diperuntukan bagi siswa kelas XI MAP Madaris Asasul Huda. Kelas ini diadakan sehari sebanyak 1 kali pertemuan yaitu setiap pukul 20.30 sampai 22.00 WIB. Bertempat di Masjid Pondok dengan Qori Bapak Jamaludin.

Sekilas tentang Kitab Mutamimah adalah kitab lanjutan dari tingkat dasar Kitab Matan al Jurrmiyah, tetapi tidak dapat disebut sebagai kitab nahwu tingkat tinggi. Kitab ini menjelaskan fleksi dengan penanda gramatikalnya yang khas pada masing-masing kata.

Pasaran ini diikuti sekitar 14 siswa putra-putri dan dimulai tanggal 02 hingga 20 ramadhan. Qori berpesan “Bahwa semoga dengan mengkaji kitab ini dapat membantu siswa memahami bagaimana kalimat-kalimat dalam bahasa Arab dibentuk dan disusun dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lainnya