Pasaran 400 Hadis: Kitab Lubab al Hadis

Kitab pasaran Lubabul Hadits karangan Syekh Jalaluddin As-Suyuthi ini memuat tentang hadits-hadits nabi, atsar-atsar sahabat yang diceritakan dari Rasulullah SAW.
Kitab ini diperuntukkan bagi kelas VII MTsP sebagai pengenalan hadits-hadits nabi tentang keutamaan-keutamaan amaliyah.
Pasaran kitab ini dijadwalkan setiap ba’da dzuhur hingga pukul 14.00 dan bertempat di Masjid Pondok dengan Qari Bpk. Didin Sahlanuddin

Syekh Jalaluddin As-Suyuthi pengarang kitab ini lahir ba’da maghrib malam Ahad pada permulaan bulan Rajab tahun 849 H di kota kairo, ibu kota negara Mesir. Beliau wafat pada malam Jumat tanggal 19 bulan Jumadal Ula tahun 911 H. Imam as-Suyuthi wafat pada umur 61 tahun lebih 10 bulan lebih 18 hari.

Kitab Lubabul Hadits adalah kitab yang berisi 40 bab. Setiap babnya, memuat sepuluh hadits sehingga secara keseluruhan berjumlah 400 hadits. Isi dari tiap bab diantaranya : keutamaan ilmu dan amal, keutamaan lafadz La Ilaha Illallah, Keutamaan Lafadz Bismillahirrahmanir Rahim, Keutamaan Sholawat Kepada Nabi SAW, Keutamaan Iman, Keutamaan Wudlu, Keutamaan Memanah, Keutamaan Berbuat Baik Kepada Kedua Orangtua, Keutamaan Mendidik Anak-anak, Keutamaan Tawadlu’ (Rendah Hati), Keutamaan Diam, Keutamaan Menyedikitkan Makan, Tidur, dan Istirahat, Keutamaan Menyedikitkan Tertawa, Keutamaan Menjenguk Orang Sakit, Keutamaan Mengingat Kematian, Keutamaan Kubur dan Kesulitannya, Keutamaan Mencegah Meratapi Atas Mayit, Keutamaan Sabar Atas Musibah.

Pasaran ini diikuti sekitar 20 santri putra-putri selama 19 hari yang dimulai dari tanggal 2 hingga 20 Ramadhan. Qari Kitab berpesan bahwa “Semoga setelah pengajian pasaran kitab lubabul hadits ini bisa menjadikan pribadi para santri yang lebih baik dan berakhlaqul karimah dgn menanamkan dan mengamalkan isi dari kitab ini. Aamiiin”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lainnya