Mendaras Hadis-Hadis Nabi Melalui Kitab Riyadh as Shalihin

Pasaran selanjutnya di bidang Hadist diisi dengan Kitab Riyadh as Shalihin min Hadist Sayyid al Mursalin yang di karang oleh Al imam Abi Zakariya Muhyidin Yahya An Nawawi. Beliau salah seorang ulama besar mazhab Syafi’i. Ia lahir di desa Nawa, dekat kota Damaskus, pada tahun 631 H dan wafat pada tahun 24 Rajab 676 H.

Pasaran ini diperuntukan bagi siswa X dan XI MAP Madaris Madaris Asasul Huda. Kelas ini diadakan sehari 2 kali pertemuan setiap pukul 09.30 - 11.30 WIB dan Ba'da Ashar sampai pukul 16.30 WIB. Bertempat di Rumah Pengasuh dan Bawah Loteng dengan Qori A M. Sufyan Jawahir, Lc. 

Sekilas tentang Kitab Riyadh as Shalihin min Hadist Sayyid al Mursalin, sebagaimana disampaikan penulisnya, Imam an Nawawi, dalam mukadimah kitab ini, Riyadhus Shalihin dimaksudkan untuk mengumpulkan hadis-hadis yang shahih, yang dapat menjadi perintis jalan menuju akhirat, tuntunan adab lahir dan batin, menghimpun anjuran dan ancaman, latihan jiwa, didikan akhlak, obat hati, pemeliharaan badan dan lain-lain.

Pada kitab ini juga hadis-hadis dikelompokkan ke dalam bab-bab berdasarkan tema utama, misalnya akhlak (ikhlas, sabar, takwa, tawakal, hubungan sosial, dst.) Adab sopan santun (malu, menjaga rahasia, menepati janji, menghormati tamu, tata tertib makan, adab berpakaian, mengucapkan salam) Adab terkait orang sakit dan orang yang meninggali keutamaan membaca Al-Qur’an, keutamaan-keutamaan terkait berbagai macam shalat dan puasa, jihad, dzikir dan doa, serta larangan-larangan terkait ibadah, muamalah, dan kebiasaan-kebiasaan hidup yang tertentu.

Pasaran ini diikuti sekitar 35 siswa putra putri dan dimulai tanggal 02 hingga 20 Ramadhan. Qori berpesan “Bahwa semoga dengan mengkaji kitab ini yang dapat menjadi perintis jalan menuju akhirat”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lainnya