Meneguhkan Pasaran Ramadhan Yang Komprehensif

Selasa, 12/03/2024 – Pondok Pesantren Asasul Huda sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, setiap bulan Ramadhan selalu membuka Pasaran Ramadhan. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Mudier ‘Am yakni A M. Sufyan Jawahir, Lc. “Ngaji pasaran adalah pengajian yang dikhususkan pada bulan Ramadhan yang pembelajaraanya dengan metode bandongan.”

Kegiatan Pasaran ini dimulai pada tanggal 02 Ramadhan dan akan berakhir tanggal 20 Ramadhan. Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh santri Pondok Pesantren Asasul Huda, MI Tahfidzul Qur an Asasul Huda, MTsP Asasul Huda, MAP Asasul Huda, melainkan masyarakat sekitar untuk mengambil berkah dalam mengisi bulan Ramadhan tahun ini dengan mengaji di Pesantren.

Adapun pembelajaran yang dikaji selama kegiatan Pasaran Ramadhan ini kurang lebih 16 kelas Kitab Kuning dan 4 Kelas al Quran diantaranya:

Bidang Al Qur an, yaitu Ziadah Hafalan, Tadarus, Setoran, Simakan Hafalan dan Muraja’ah Hafalan.

Bidang Kutub at Turast, Matn Taqrib wa Ghayah al Ikhtishar, Taqrirat al Manzhummah al Baiquniyah, Nurul Yaqin fii Sirah Sayyid al Mursalin, Masail al Jama’ah wal Jumu’ah, Khulashoh Nurul Yaqin Juz 2-3, Al Majalis ‘ala al Kalam al Arba’in an Nawawiyah, Qurrat al ‘Ain bi Muhimmat ad Din, Taqrirat al Muqaddimah al Jazariyah, Ilmu Tafsir Manqul min Kitab Itmam Diroyah, Riyadh as Shalihin min Hadist Sayyid al Mursalin, Tafsir Marahul Labib li Kasyf Ma’nal Quranil Majid, Mutamimmah Syarh Matn al Jurumiyyah, Al Azhar az Zainiyah Syarh Matn al Fiyah dan Hikmah at Tasyri’ wa Falsafatuh.

Adapun acara Pembukaan Pasaran Ramadhan dilaksanakan di Masjid Induk Pondok Pesantren Asasul Huda, dibuka oleh MC Bpk. Muhammad Badrut Tamam dengan iftitah bil fatihah. Kemudian lantunan ayat suci Al Qur’an oleh Ananda Muhammad Mahali Mansyur santri putra MTsP Asasul Huda kelas IX.

Dalam sambutan pertama oleh Pimpinan Pondok yakni A M. Mahbub Jauhari, S. Ag. Marhaban Ya Ramadhan, dalam do’a selalu teriring harapan agar Allah SWT selalu melindungi, memberi keamanan, dan dimudahkan segala urusan bagi orang tua wali santri terutama dalam mencari rizki yang halal untuk bekal anak-anak mondok di Pesantren, semoga Ramadhan selalu membawa kebahagiaan bagi kita semuanya. Aamiin.”

Sambutan kedua oleh Panitia Pasaran sekaligus Mudier ‘Am yakni A M. Sufyan Jawahir, Lc. “Pasaran kali ini harus berbeda dengan pasaran sebelum-sebelumnya, hanya ngejar makna saja tanpa memahami isi makna tersebut, melainkan sesuai dengan motto, kita harus secara komprehensif dalam menggeluti isi pembelajaran kitab yang dikaji selama pasaran Ramadhan ini berjalan.”

Sambutan ketiga oleh Dewan Qori Kitab yakni Bpk. Endang Solehudin “Pasaran itu yang terpenting adalah Nailut Tabarruk bi al Ridho Syaikhi, maknain kitab secara full, sebagaimana yang disampaikan oleh al Imam Syafi’i al Ilmu Shoyyidun wa al Kitabatu Qoyyiduhu (ilmu adalah buruan dan tulisan adalah ikatannya).”

Pasaran Ramadhan tahun 1445 H. Pondok Pesantren Asasul Huda dibuka secara resmi oleh Pengasuh yakni Syaikhuna Al Mukarrom KH. Tarmidzi Asfari dengan tawasul bil fatihah untuk semua Muallif dilanjutkan dengan do’a penutup. Dalam pesan beliau “Kegitan pasaran ini adalah khidmat kita dalam melestarikan ajaran agama Islam, dan jangan sampai punah ila yaumil qiyamah, karena kegiatan ini adalah ciri khas Pesantren.”

Sebelum usai acara, seluruh hadirin membaca Shalawat Ramadhanu Tajalla dan Marhaban ya Ramadhan yang dilantunkan oleh Bpk. Galih Khairul Umam.

Selamat datang Ramadhan, bulan penuh ampunan. Semoga kita termasuk orang-orang yang mendapatkan maghfirah-Nya. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lainnya